Periksa Kondisi Warga yang Kebanjiran, Kapolsek Muara Kuang Keliling Naik Perahu

INDRALAYA – Hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir, membuat sejumlah daerah di Kecamatan Muara Kuang, Ogan Ilir, terendam banjir. Akibatnya, aktivitas warga sebagian wilayah Muara Kuang, menjadi terhambat.

Merespons bencana banjir ini, Kapolsek Muara Kuang beserta anggota Bhabinkamtibmas mengimbau warga untuk tetap waspada.

“Seperti kita tahu, saat ini sedang musim penghujan. Banjir setinggi satu meter saat ini menggenangi daerah pemukiman warga,” kata Kapolsek Muara Kuang, Ipda Hendri Rozin saat meninjau banjir di Desa Nagasari.

Menggunakan perahu, Rozin beserta jajaran Polsek Muara Kuang berkeliling ke desa-desa. Polsek Muara Kuang menyambangi warga yang masih bertahan di rumah untuk memberikan imbauan keselamatan.

“Menurut warga, mereka belum mengungsi karena air belum naik ke rumah. Di desa ini rata-rata rumah panggung, air masih setinggi tiang rumah warga,” ungkap Rozin.

Meskipun di tahun-tahun sebelumnya, banjir di Muara Kuang cepat surut, namun pihak kepolisian sebagai salah satu unsur Satgas Penanggulangan Bencana Alam, tetap mengingatkan warga agar waspada.

“Di saat banjir seperti sekarang ini, warga terpaksa beraktivitas menggunakan perahu,” ujar Rozin. Selain menyambangi kediaman warga, Polsek Muara Kuang juga mengunjungi sekolah. Siswa terpaksa menembus genangan banjir demi mengikuti kegiatan belajar-mengajar.

Seperti diketahui, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan, Muara Kuang merupakan salah satu daerah kecamatan di Ogan Ilir yang berpotensi banjir di tahun ini.

Daerah kecamatan lainnya berpotensi banjir yakni Indralaya, Kandis, Pemulutan, Pemulutan Selatan, Rantau Alai dan Sungai Pinang.

“Polsek Muara Kuang siap menindaklanjuti setiap perkembangan bencana alam dalam hal ini banjir. Kami juga mengimbau warga khususnya anak-anak sekolah lebih waspada dan hati-hati dalam aktivitas,” ucap Rozin.(hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.